Jumat, 21 Juni 2013

Tips Packing untuk Perempuan: (4) Another Tips


Ada tips-tips lain seputar packing yang harus kamu ketahui. Remember, keep your bag/suitcase slim. Jangan sampai menggembung saking semua dipaksa masuk. Nanti nggak keren lagi keliatannya.
  1. Coba gulung bajumu,jangan dilipat. Lihat perbedaan ruang yang dihabiskan antara lipat dengan gulung. Aku tidak punya bag cover, jadi biasanya aku membungkus pakaianku ke dalam beberapa plastik berbagai warna (atau transparan), lalu mengikatnya dengan karet. Tas akan lebih luang, lebih rapi, dan baju terlindung dari basah. Perbedaan warna plastik akan memudahkan kita jika ingin mengambil barang, jadi tidak perlu membongkar semuanya. Oh ya, plastik dan karet itu 2 hal yang sering dicari lho saat traveling. Dan peniti.
  2. Letakkan benda-benda yang besar/berat di bagian bawah. Misalnya baju, sepatu. Benda kecil seperti tas kosmetik/perlengkapan mandi, kacamata, dan makanan, letakkan di bagian atas atau di kantung-kantung terpisah.
  3. Bawalah minimal 2 tas, satu besar dan satu kecil. Di tas kecil kamu bisa menyimpan benda-benda penting seperti dompet, paspor, tiket, kamera pocket, dan lipstick. Jadi kalau butuh benda itu nggak perlu ngubek-ngubek seluruh isi tas besar. 
  4. Perhatikan ukuran tas yang akan dibawa ke kabin (your hand luggage). Biasanya ada contoh standar ukurannya di check in counter. Beberapa kali aku melihat orang yang ukuran tasnya terlalu besar, tidak bisa dimasukkan ke bagasi kabin, terlalu besar juga untuk ditaro di bawah kursi. Akhirnya, terpaksa ia harus memangku tasnya. Kalau memang besar, letakkan saja di bagasi, daripada menimbulkan ketidaknyamanan di pesawat/kereta/bus.  
  5. Aku tipe yang menghindari bawa jaket tebal saat traveling. Aku lebih suka menggunakan pakaian berlapis, misalnya kaos + kardigan + pashmina + sarung tangan + kaos kaki. Atau kalaupun harus membawa jaket tebal, biasanya aku cenderung memakainya selama di airport/pesawat. Kalau gerah, tinggal copot dan tenteng.
    Selalu buat check-list tentang apa yang harus dibawa dan tidak, sebelum kamu mulai packing. Hitung berapa hari perjalananmu, jumlah baju yang dibutuhkan dan barang-barang yang wajib dibawa. Packing beberapa hari sebelum keberangkatan akan memberikanmu waktu berpikir ulang, "Eh sepertinya aku nggak butuh ini deh, eh sepertinya aku nggak usah bawa ini deh, dll".
    Happy traveling & stay pretty!

1 komentar:

  1. yah, seluruh dunia tau perempuan butuh 10 kali lebih banyak waktu daripada laki-laki untuk packing, haha

    BalasHapus