Sabtu, 09 Maret 2013

Apa Ayat Favoritmu?

Orang-orang sering bertanya,
Apa lagu favoritmu? Penyanyi favoritmu?
Apa buku favoritmu? Apa makanan favoritmu?

Kali ini aku mau bertanya, apa ayat favoritmu?

Al-Qur'an diturunkan sebagai pedoman, petunjuk, dan pengingat. Di antara ribuan kalam Tuhan nan indah itu, mana yang jadi favoritmu? Yang paling suka kau baca, yang paling bermakna buatmu, yang sering membuatmu terhenyak saat mendengarnya?

Buatku, QS Ali Imron ayat 190-191 adalah favoritku.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. * (yaitu) Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.” 

Apapun pertanyaanku tentang kehidupan, Tuhan, dan Islam, ayat ini seolah menamparku lagi, memangnya kau sudah cukup banyak memperhatikan tanda-tanda yang diberikan Allah? Atau kau hanya asal bertanya dan mempertanyakan? Ayat ini selalu membuatku terhenyak dan berpikir, berapa banyak tanda-tanda-Nya yang belum bisa kupahami.

Ayat ini selalu menyadarkan betapa kecil, bodoh, dan terbatasnya akalku dalam memahami kebesaran-Nya. Dan betapa sombong aku hanya bisa sok bertanya dan mempertanyakan seperti orang Bani Israil, sementara aku sendiri tidak banyak menyediakan waktu untuk mengingat-Nya dan merenungkan semua ciptaan-Nya. 

Sungguh, ayat ini selalu menjadi tamparan keras buatku. Seorang ustazahku di pondok dulu selalu menangis setiap kali membaca ayat ini saat mengimami para santrinya. Aku yang jadi makmum juga jadi terhenyak dan meneteskan air mata, malu... betapa bodohnya aku sebagai manusia yang sombong merasa paling tahu semuanya...

Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari api neraka...

1 komentar:

  1. For you is your religion, and for me is my religion.. [Quran, 109:6]

    BalasHapus