Jumat, 12 Oktober 2012

Big Bang was here...!


Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Big Bang datang juga ke Jakarta. Boyband papan atas asal Korea Selatan ini menggelar konser bertajuk ALIVE WORLD TOUR 2012 di Mata Elang International Stadium (MEIS) pada 12-13 Oktober 2012. Dan, gue nontooonn...!! Ahiww… Aku nonton hari pertama, soooo excited!

Ini pengalaman pertamaku nonton konser. Ada beberapa alasanku pengen nonton konser Big Bang.
1.       Pengen denger suaranya Daesung secara live. He has the best voice!
2.       Konser ini didukung oleh Live Nation dan dipromotori oleh Big Daddy. Double combo jaminan keren
3.       Pernah nonton rekaman Big Show 2012 di Korea dan langsung kepincut sama band + lightingnya
4.       Karena aku masih muda. Apa salahnya nyoba berbagai hal dan merasakan euforia masa muda yang mungkin beberapa tahun ke depan nggak bisa kunikmati seseru ini lagi.

Aku berangkat naik bus Transjakarta dari terminal Kalideres pukul 14.00. Transit di Harmoni, nyambung yang jurusan Ancol. Begitu keluar halte, kita bakal langsung ketemu loket untuk beli tiket masuk Ancol, Rp. 18.000. Nah, untuk menuju ke MEIS, kita bisa naik kendaraan gratis di kawasan Ancol, namanya  Bus Wara-Wiri, Rute Barat. Nanti kita transit di halte Danau Monumen, dari situ kita menunggu Bus Wara-Wiri, Rute Timur yang akan langsung membawa kita ke depan Ancol Beach City Mall. Iya, jadi MEIS ini bukan gedung yang berdiri sendiri. MEIS adalah sebuah arena yang berada di lantai 3 Ancol Beach City Mall.

VIPs!
Pas aku sampe, antriannya udah panjang geelaaa. Padahal itu baru jam 4 sore dan pintu masuk MEIS baru akan dibuka jam 6. Bahkan ada yang udah ngantri dari jam 11 pagi. Aku agak bingung, ngapain yah ngantri dari pagi amat gitu. Yang penting kan punya tiket, toh ntar pasti masuk? Kasian soalnya, harus panas-panasan dan duduk di pasir pantai selama berjam-jam.

Menjelang pukul 6, adzan magrib berkumandang. Bukannya pada solat yak, malah pada teriak-teriak “Buka…! Buka…! Buka…!” Saat itu aku udah mulai masuk antrian, jadi sempet sih ada pikiran, “Ntar kalo pas aku solat pintu dibuka gimana yah? Makin belakang dong duduknya?” Maklum, di konser kali ini yang ada seat numbernya cuma VIP class. Tapi masa iya menomorduakan solat magrib yang waktunya sempit ketimbang antrian konser yang baru dimulai jam 8 nanti?

Ninggalin sesuatu untuk solat itu nggak akan rugi, kata ibu. Bener aja, usai solat, dengan kuasa Alloh kita terdesak-desak masuk ke antrian depan, hahaha…! Lucky number one.

Lucky number one ;D
Ohya, ada satu nih yang nyebelin. Sebelumnya, Big Daddy bilang boleh bawa air minum maksimal ukuran 600ml ke dalem venue. Eh ternyata, sebelum masuk kita disuruh ngabisin minum kita dan buang botolnya. Nyebelin ga? Apakabar gue 3 jam di dalem tanpa minum? Mau kita pingsan apah?

Trus pas masuk MEIS, ya ampuuunn itu ABG-ABG pada lari-larian, aku yang lagi jalan santai sama Diana sambil kipas-kipas pun diserobot-serobot. Ngalah udah. “Oh em ji Dianaaa apakah kita sudah terlalu tua untuk dateng ke konser Big Bang??” Pada semangat-semangat amat.

Pas udah masuk semua, aku celingak-celinguk. Nah loh, kok sepi ya? Waktu itu aku di festival, standing B. Deket banget sama panggung, dan belakangku tuh kosong-song-song. Begitu ngeliat ke atas, kursi VIP juga sepi banget. Maklum, hari Jumat ini sebenarnya additional show. Main show-nya itu besok, hari Sabtu. Waduh, ntar krik-krik nggak yah jadinya?

Tepat pukul 8, jeng jeng jeng… di layar panggung tergambar 5 orang membeku dalam sebuah kapsul luar angkasa. Sound system-nyaaaaa omaigat ngerti banget gue kenapa Big Daddy nyaranin pake earplug. Jantung tuh dag dug dag dug. Ya karena deg-degan nungguin Big Bang nongol juga sih. Wusss… lima kapsul itu pun diluncurkan ke bumi. Dan dhuaaarrr…! Ternyata lima kapsul itu mendarat di depan kita! BIG BANG!

Stage-nya kece badai

 “I’m still alive… I’m still alive… I’m livin’ in a good life!”

Mereka kayak bonekaaaa… pake bajunya keren banget. “Hello Jakarta! Make some noooiiseeeee…!!!” G-Dragon, Taeyang, TOP, Daesung dan Seungri keluar dari kapsul dan langsung menyapa histeria penonton dengan lagu Tonight yang sumvahhh keren abis! Suara kelima cowok itu nggak beda dengan yang kita dengarkan di album rekaman, dan SERIOUSLY, iringan dari band-nya itu bikin lagu jadi beda dan semakin hidup! Ditambah dengan soundsystem dan lighting yang WOW, fantastic baby!!Gue jadi ngerti kenapa ribuan orang rela bayar mahal dan ngantri buat nyaksiin konser ini. Ini bener-bener sebuah pertunjukan yang mahal, world quality.

Awalnya, banyak yang sibuk mengabadikan aksi panggung mereka dengan kamera. Termasuk aku. Tapi setelah dipikir-pikir… ngapain juga aku capek-capek ngerekam? Orang fancam banyak di mana-mana. Bahkan DVD Big Show juga ada. Apa sih arti sebenarnya nonton konser kalau bukan untuk enjoy the performance? Mendengarkan kualitas live music mereka, menari dan menyanyi bersama, an
d… making eye contact? Awww…!! (Melting abis pas Daesung nge-wink~ ke arah gue, oh yes oh nooo…  >,< Dan buat informasi aja, lirikan TOP bisa bikin kaki lo lemes). 

Deket banget! Ini sesaat sebelum Dae nge-wink ke gue. Die.


Lirikan matamu kang... *__*

Menyadari hal itu, aku langsung matiin kamera biar bisa dance, dance, dance! Foto-foto high quality mereka mah bisa didapetin dimana aja, dan kita membayar mahal bukan untuk itu. Meskipun misalnya nanti toh akan ditayangin ulang di televisi, sekarang aku mengerti bahwa euforia di sana sangat jauh berbeda. It’s a WOW.

Mereka menyapa kita pake bahasa Inggris, no translator. Terus sempet juga mengucapkan beberapa patah bahasa Indonesia seperti “Apa kabal? (beneran pake “L” dia ngomongnya) Selamat malam, saya Seungri…” trus “Aku cinta padamu” dan ngomongin mi goreng sama rendang. Si Taeyang iseng nanya ke Daesung, “Daesung, what is mi goreng, you know?” _ “Eungg… what? Mi goreng? Mmm… mie goreng is…” dia ngga tau bahasa Inggrisnya. Terus kata Seungri, “Hyung, mi goreng is noodle. Fried noodle.” Kontan aja kita ketawa dengan limited English mereka. But we really appreciate it ^^




Alay maksimal gue. Bodo amat sih, yang penting atribut-atribut ini nggak gue pake pas diwawancara Insert sambil nangis-nangis kan. Hahaha… Tetep inget semboyan “Alay-lah pada tempatnya”. Seheboh apapun di dalem, begitu keluar harus tetep cool and lovely~

Big Bang dikenal hebat bukan hanya sebagai sebuah boyband. Tetapi tiap personilnya juga memiliki bakat musik dengan karakter dan warna yang berbeda-beda. Jadi selain membawakan lagu-lagu Big Bang sebagai grup, mereka juga membawakan lagu-lagu solo mereka, plus duet hiphop paling mematikan GD&TOP. Mereka cool banget. “This is double-double combo!” And I’m knocked out *__*


GD&TOP
Seungri yang punya aliran pop tampil dengan konsep “strong man” (bukan strong baby lagi kayanya), tampilan rambo gitu dia, bawa-bawa senjata laser. Membawakan medley beberapa lagu hits-nya: Strong Baby dan What Can I Do. Seungri sekarang tambah ganteng, naik ke peringkat 2 setelah TOP. Beneran deh. But still, he is the cutest maknae.

Taeyang, dengan suara khas RnB-nya membawakan lagu Look Only At Me dan Wedding Dress. The lead vocal and the best dancer in Big Bang ini aksi panggungnya sangat atraktif. Bahkan di akhir performance dia maju ke panggung depan dan merobek kaosnyah… ASTAGA. ITU KAOS MAHAL. Terus dia joget-joget melenggak-lenggokkan badannya yang… faaaakkk meeennn…ototnya itu…sixpack, sevenpack, berpack-pack! Matek. Sementara cewek-cewek lain pada teriak histeris gue cuma bisa berbalik ke belakang dan menghela nafas. Jujur aja, rada males ngeliatnya. Too much. Si Diana udah ngacungin sepatunya sambil tereak, “Youngbae enough…!!”

Yang ditunggu-tunggu, solo-nya Daesung. Kalo ini sih, senjata rahasia Big Bang. Daesung punya vokal yang unik dan sangat powerful, suaranya keren banget kalo mencapai nada tinggi. Dia membawakan lagu Wings, dan pake sayap trus terbang-terbang di atas venue kayak model Victoria Secrets. Umm…bukan terbang sih lebih tepatnya gelantungan. Ini moment yang ditunggu-tunggu semua fans, karena dengan begitu mereka yang duduk di tribun atas sekalipun bakal bisa ngeliat lebih dekat ‘angelic smile’-nya Daesung. Daesung memang bukan yang paling ganteng di Big Bang, tapi senyumnya nyenengin banget. He has a lot of charm.

Daesung's Wings

Tiga member ini fanservice-nya paling oke. Taeyang sangat aktif di panggung, pinter ngebuat penggemar teriak histeris dengan joget-joget anehnya. Seungri paling komunikatif, dia nggak capek-capek berlarian kesana kemari buat menyapa penonton di semua sudut. Daesung juga, menyebar senyum ke mana-mana dan berusaha berkomunikasi dengan limited English-nya, haha. Biarpun penonton nggak penuh, tapi mereka sangat bisa menghidupkan suasana. Dan biarpun kita nggak minum selama dua jam, mereka tetap bisa mengajak kita untuk “Put your hands up…! Say YEAH…YEAH… now screaaaammm…!!!” aaaaaaakkkkkkkkkk –

Aku enjoy banget malem itu. Puas joget-joget karena tempat yang lega. Lari sana-sini ngikutin ke sebelah mana mereka pergi. Panggungnya deket banget loh jaraknya. Bisa ngeliat kegantengan TOP dari jarak dua meter itu sesuatu banget. Dan one precious moment saat TOP bikin love sign dengan tangannya. Kiyuuuutt… Satu lagi pas Seungri melambaikan tangan ke arah gue. Dan yang paling kebayang-bayang, kedipannya Daesung. Onde mandeeee…

Ohya nggak cuma cewek-cewek kok yang nonton. Banyak juga cowok-cowok keren yang emang suka Big Bang. Trus ada beberapa cowok yang kelihatannya sekadar nemenin ceweknya neriakin laki-laki lain. Haha… Ada juga bapak-bapak dan ibu-ibu berdiri di bagian belakang sambil ngawasin anaknya lompat-lompat bareng Big Bang. Aku perhatiin, 15 menit pertama, mereka masih manyun “Nanaonan sih ieu…” 15 menit kedua, mulai ngangguk-ngangguk ikutin irama musik. 15 menit ketiga, kaki mulai goyang. Lalu, posisi semakin maju. Eaaa… Menit-menit berikutnya udah ikutan joget sambil tepuk tangan. Aseeekkk.

Sayangnya, nggak semua lagu di album ALIVE dibawakan. Ain’t No Fun, Love Dust, Ego… Yah emang pada dasarnya kita pengen lebih sih, hehe…



Pas udah mau akhir-akhir gitu kita cheer “We want more…! We want more…!” trus mereka bingung celingak-celinguk  satu sama lain “What are you saying?” “Whaaatt…?” Trus Taeyang sama GD nanya ke penonton di samping mereka. Naon sih cenah, gitu kali nanyanya. “Aahh… you guys want some more?” YEAAAHHH…! Aduh ti tadi teu ngartieun nya, hahaha… “Of course, we still have couple more songs for you…” dan berlanjutlah konser dengan Haru-Haru, Lie, dan Last Farewell. Di sini seru banget, karena tiga lagu ini adalah lagu lama Big Bang yang paling nge-hits. Bisa dibilang, Big Bang mulai dikenal luas karena tiga lagu ini. Dan itu satu venue kompakkkk nyanyi semua dari awal sampe akhir. Seru! Lihat deh video di bawah ini aku deket banget sama panggung, tapi tetep bisa joget-joget seru pas lagu "Lie".

video


Encore, encore, encore…!

Dan mereka berlima pun keluar lagi untuk menyanyikan tiga lagu: My Heaven, Bad Boy, dan Fantastic Baby. Di sini fanservice mereka seru banget, Taeyang (yang udah bertelanjang dada dari tadi), TOP (yang sayangnya tidak pernah mau bertelanjang dada), dan Seungri turun dari panggung dan menyapa penonton. Taeyang bahkan memperbolehkan fans di depan menyentuh badannya. Oh em ji -_-“

Sementara GD dan Daesung berkeliling untuk memberikan senyuman mereka kepada penonton di seluruh sisi sambil nyiram-nyiramin air minum. Ohya, they throw a lot of stuff!! Mulai dari lightstick, boneka, handuk, kaos, sampe jaket dilemparin ke penonton. Otomatis langsung jadi rebutan, ampe suit-suit segala.

Ah, finally they have to say goodbye… Mereka memperkenalkan semua dancer dan band mereka. Gue standing applause (bukannya daritadi juga standing??) buat band-nya. Kece badai tuh band. Bikin lagu-lagu Big Bang jadi cetaaarrr…! Semakin hidup dan beda dari yang di album rekaman.

TOP bilang, “Selamat tinggal, saya sayang kamu,” Ahh saya juga sayang kamu.. *_*

Sebelum menyusul keempat kawannya yang udah masuk kebalik panggung, Taeyang memberikan bonus terakhir berupa joget sushi.  Bener-bener menghabiskan sisa-sisa teriakan kita. Aaaakkkkk…..!!! I Thank you!

Puassss banget rasanya. Pastinya hari Sabtu MEIS akan lebih heboh, karena tiket untuk besok sudah sold out sejak lama. Venue pasti lebih penuh. But it’s OK, ada keseruan yang beda. Dan aku sama sekali nggak nyesel di pengalaman pertamaku nonton konser. Thank you Big Bang!

Taeyang & G-Dragon "We LOVE Indonesia!"


***

4 komentar:

  1. emang keren banget... hari sabtu padat banget sebelum masuk banyak yang pingsan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku denger cerita temen2 yg nonton sabtu pada tepar ya. padahal hr jumat tu kosong banget venue nya aku sampe bisa joget dan lari-lari ngikutin Seungri ke sana kemari. beda jauh jumlah penontonnya.

      mereka janji ke sini lagi kan? semoga promotornya belajar banyak ya dr konser kemaren. kita liat pas 2ne1 nanti :)

      Hapus
  2. waaaah lucky you! setelah baca ini jadi pengen nonton juga. soalnya bisa dibilang aku ini a new VIP,masih freeeesh bgt, awalnya gak sengaja sih :D semoga mereka ke sini lagi ya :)

    BalasHapus