Menyusui Pasca Operasi Payudara

Ada benjolan di payudara kiriku. Kukira awalnya hanya grenjel2 ASI, tapi kok tidak hilang2 sampai Ali usia 7 bulan. Aku sering sekali demam, kalau sudah begitu kulit di atas benjolan tersebut memerah dan panas, bengkak sakit sekali. Tapi kalau dipompa pun ASI keluarnya tidak selancar yang kanan. Kayaknya benjolan itu menyumbat saluran ASI-ku.

Kata dokter, kemungkinan mastitis (radang payudara). Penyebabnya adalah bakteri yang masuk melalui luka di puting yang lecet. Memang sih waktu awal2 menyusui putingku sempat lecet. Aku pun diberikan antibiotik untuk mengobati radang ini.

Sebulan setelah obat habis, demam dan bengkak kembali berulang. Bahkan sering cekit-cekit sampai ke ketiak.

Aku disarankan menemui dokter bedah. Aku sengaja mendatangi dokter bedah perempuan, selain lebih nyaman, aku juga berharap mereka memahami proses menyusui yang sedang aku jalani. Aku pun datang menemui dokter pertama di RS Hermina Tangerang. Asumsiku, biar dekat dengan ibu karena pasca operasi aku pasti akan sangat membutuhkan bantuannya untuk mengasuh Ali.

Singkat cerita, dokter tsb menyarankan untuk segera mengangkat benjolan ini. Supaya lebih jelas ini benjolan apa, bahaya atau tidak, karena hasil biopsinya nanti segera dikirim ke lab.

"Tapi ibu harus berhenti menyusui. Kami baru bisa operasi setelah payudara ibu sudah bener2 kering."

JEDERRRR.

"Maksudnya dok..?"

"Ibu harus berhenti menyusui, saya sarankan secepatnya, supaya payudaranya benar2 kering baru kita angkat benjolannya."

"Tapi dok, bayi saya baru 8 bulan..."

Langsung ngembeng membayangkan menyapih Ali, hiks... Tau kan, menyusui itu momen bonding yang sangat romantis buat ibu dan bayi. Temenku aja anaknya udh umur 3 tahun nyapih masih pake drama nangis2 pelukan berdua... Apalagi aku, baru 8 bulan. Lagi mesra2nya...

"Karena kalau ASI masih berproduksi, lukanya nggak kering2 nanti. Rawan infeksi."

"Maksudnya dua2nya saya harus berhenti menyusui? Kanan dan kiri walau yang akan dioperasi yang kiri?" Aku masih nggak terima.

"Kalau yang kanan masih disusuin terus, dia akan tetap memicu produksi ASI di payudara kiri. Jadi kedua payudara harus kering dulu, ibu sapih bayinya, baru setelah itu kita tindakan. Bisa aja sih kalau ibu mau secepatnya, tapi ya ibu tanda tangan surat pernyataan bahwa ini kemauan ibu, dan kita nggak tanggung risikonya."

Asli, dokter itu ngga enak banget ngomongnya.

Aku pun mencari opini lain. Dan baru di dokter ketiga aku bisa bernafas lega. Aku mendatangi dr. Tiur Herlina Sp.B di RS Evasari, yang ngomongnya enak banget, informatif tapi tetap menenangkan.

"Ah enggak, nggak harus berhenti menyusui kok. Mungkin yang kiri memang nggak bisa disusui sementara waktu pasca operasi, tapi setelah pulih, boleh2 aja lanjutkan menyusui. Lagipula kan masih ada yang kanan. Si adek udah makan kan? Insya Alloh cukup."

Fffiuuuuuhhh...

Akhirnya aku menjalani operasi Jumat pukul 2 siang. Sebenernya salah satu faktor kenapa gue takut banget operasi adalah karena dulu pernah nonton film "Awake" yang diperankan sama Hayden Christensen dan Jessica Alba. Parno banget sama pembiusan. Gimana coba kalau ternyata biusnya nggak mempan di gue tapi gue gabisa buka mata?

Tapi kenyataannya, setelah masuk ruang operasi, dua kali menghirup udara dari masker aja aku udah teler ngga inget apa2 sampe baru sadar jam 5. Gak inget apa2, gak ngerasain apa2, gak mimpi apa2. Hahahaha pules buuuu...

Kata Abang yang ketemu dokter Tiur pasca operasi, ternyata di dalam benjolan itu isinya nanah. Ada radang yang menyebabkan saluran ASI tersumbat sehingga menggumpal dan lama2 jadi infeksi. Makanya aku demam terus. Jadi benjolan itu isinya ya ASI dan nanah. Abses payudara yg disebabkan mastitis kronis.

Kok bisa begitu? Kurang tahu juga, karena selama ini aku selalu menyusui bayiku langsung, kapanpun dia minta. Nyusuinnya juga gantian, kanan dan kiri. Kalau ada yang grenjel2, aku kompres. Pelekatan dan pengosongan juga kayaknya ga ada masalah. Lalu kenapa? Ya entahlah, mungkin ujian aja, haha.

Malam itu, aku menginap di RS sementara Ali sama ibu di kontrakan. Payudara bengkak, ASI merembes dari kanan dan kiri membasahi baju dan sprei. Huhuhu... Bagaimana kabar Ali di rumah? Jelas ngga bisa tidur, nyariin "neh" sama "mamam"

Akhirnya setelah urusan administrasi selesai, keesokan harinya aku pulang. Ya Allah baru semalem aja rasanya kangen banget sama Ali! Dia lagi tidur, aku boboan di sampingnya eh dia langsung melek dan menggapai2 minta nen. Huaaa kangennn... Yang kanan aja ya sayang...

Adapun yang kiri, kupompa karena gak tahan bengkak, eh malah keluar darah T__T kata dokter, itu luka yang di dalamnya. Dia tidak menyarankan untuk disusui dulu yg kiri. Ya iyalah dok, horor banget Ali mimik ASI campur darah, huhu...

Seminggu pasca operasi, payudara kiriku udah mulai kempes karena nggak pernah disusui. Tapi kalau dipompa masih keluar ASI, tapi terakhir masih ada darahnya, horor ah. Yasudah aku nyusuin pake yg kanan aja.

Eeehh ternyata bertepatan dengan momentum Ali tumbuh gigi pertamanya. Agak anget n rewel semalaman, sulit tidur dan maunya nen mulu, puting dikunyah2 dipake buat garuk gusinya yang entah ngilu atau gatal! Aaaakkk drama banget deh. Dia nangis gue nangis. Udah mah cuma satu, gak bisa ganti2an kanan-kiri kan nyusuinnya.

Gigi nongol, puting melepuh. Terus kuolesin EVOO. Besoknya, dia jadi kayak koreng gitu, mau terkelupas kulitnya. Aku mo ngopekin ngeri. Eh setelah dinenin ilang tuh kulit, hahaha ketelen ama anak gue. Yah gimana lagi.

Hari ini, genap sebulan pasca operasi. Udah cabut jahitan dan udah bisa nyusuin lagi seperti biasa. Kirain udah kering ya setelah 3 minggu gak kususui. Eh taunya masih produksi, hehe.

Awalnya, kupompa dulu untuk memastikan tidak lagi keluar darah. ASI yang keluar pekat sekali, kental putih kekuningan. Mungkin bener ya, kayak susu basi. Tapi sebenarnya itu adalah lemak ASI yang menumpuk setelah 3 minggu gak disusui.

Pertama nyusuin, periiihh aduh mamah. Dari luka jahitannya rembes ASI donkk omaygat ������ aku takut kan, takutnya nanah. Aku kontrol ke dokter, sama dokter dilihat n diambil cairan rembes tsb pake spuit besar. Corrrrr... Ngocor encer berwarna putih kekuningan. "Ini apa?" tanya dokternya. Kayaknya sih ASI dok. "Yup betul. Jangan khawatir ya. Gakpapa, lanjutkan menyusui." Alhamdulillaaaaah...

Awalnya, seteguk dua teguk Ali sempat menolak. Kata dokter, mungkin rasanya agak asin karena tumpukan lemak tadi. Kalau dia menolak, ya aku berikan yang kanan lagi. Pelan2, nggak langsung bisa nyusuin lama. Karena sakit. Bertahap ngasihnya mulai dari sehari sekali, lalu sehari dua kali, dst.

Intinya, periksalah payudara sendiri dan sadari jika ada perubahan. Benjolan di payudara bisa banyak kemungkinan, jangan panik. Apalagi perempuan yang sedang masa hamil dan menyusui, hormonnya sedang labil. Segera periksa ke dokter. Dan jangan ragu untuk mencari opini kedua, ketiga, apabila tidak puas dengan dokter yang pertama. Karena ternyata, kita masih bisa menyusui pasca operasi payudara! Semangat ngASI!

Komentar

  1. Ya Allah ken lo operasi? Kapan? gue skip banget kabar lo ken

    BalasHapus
  2. Wah aku nyusuin anak ke-4 ini koq radang juga berulang yah mbak...kiri kanan gantian 2-3 bulan sekali. Belum cek ke dokter bedah. Benjolan radang ada yg kempes total ada yg masih berasa kaya ada gumpalan. Mungkin ini yg bikin produksi ASIku turun krn kalau dipompa/perah ngedrop banget. Sekarang bayiku 22m dan ASIP kejar tayang. Ke konselor laktasi baru konsul krn disarankan ke konselor yg bisa urut/pijat PD yg ngalamin sumbatan. Ngeri je kalau musti operasi krn semasa gadis saya operasi tumor jinak cuma 1cm..tapi malah PD yg dioperasi produksi ASInya lebih melimpah..
    Jadi langsung ke dokter bedah atau gmn ya?

    BalasHapus
  3. Mba, sy juga bru operasi tumor di payudara kanan, asi sy trus merembes dari luka jahitanny pdhl udah hampir seminggu sejak operasi, klo boleh tau gmn ya cara mengatasiny spy ngga rembes trus n luka jahitan cepet kering?? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak gimana caranya kmrn? Saya jg abis operasi dan rembes asi dr bekas jahitan. Padahal udh 10 hari pasca operasi..

      Hapus
    2. Mbak bagaimana sudah sembuh belum

      Hapus
    3. Daya baru sembuh dr operasi mastitis. Bisa 1 bulan biar benar2 kering lukanya. Skrg lagi coba nen ke dede PD yg abis dioperasi, dy masih gak mau. Tp dicoba pelan pelan.

      Hapus
  4. Kaka sy sudah 5 bln asi kiri trs krna pas dd 1 bln kna mastitis trs dede ga mau nen yg knn lg jd ga kluar lg ky g produksi

    Tp klo dipencet ada.
    Sampe skrg dd bolak trs alhasil gede sebelah.. mau relaktasi takut ktnya nnt kna mastitis lg klo dsusuin lgi..

    Sy bingung

    BalasHapus
  5. Aq jg mau oprasi payudara.. blog mba bikin aq lega.soalnya aq jg lagi menyusui.

    BalasHapus
  6. Aq juga hbis oprasi insisi abses payidara kiri bund, kta dokter g boleh d susuin nunggu lukanya kering krena gk d jahit,, nenen d kanan kurang puas akhirnya tmbah susu formula tp y susah,, payudara kiri juga kalau asinya penuh sakittt,, kpn payudara yg kiri boleh d susui y bund,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak luka nya bisa sembuh sempurna berapa lama?

      Hapus
    2. saya baru 5 hari operasi abses mamae juga bun, sebelah kanan saya pompa karna efek obat yg ga bsa di kasih ke bayi lnsng padahl anak sy bru 40 hari. lalu yg kiri ko putingnya mulai kering bun ga ngeluarin asi lg apa ada yg sama? saya mnta solusi

      Hapus
    3. Saya udah genap 1bln pasca operasi abses mamae sebelah kiri, kebetulan dd juga pas 40hati pas aku operasi PD.. Sampe sekarang brlum ku kasih asi yang sebelah kiri, karena belum sepenuh nya rapat bekas luka operasinya... Soal nya kan ga di jahit, jadi di biarin berlubang, puji tuhan sekarang udah mulai tumbuh jaringan nya berupa daging, jadi nunggu kulit rapat aja seperti luka SC.

      Hapus
    4. Mba mau nanya..aku jg abis operasi abses..itu payudara yg abis dioperasi ttp mba pumping atau dibiarin aja berminggu ga di pumping dan ga disusuin?

      Hapus
  7. Bun smpai kapan asi nya asin .. ? Ak jg op mstits trs bby gmau di susui krn asin ..

    BalasHapus
  8. Bagaimana cara mengatasi rembesan asi pasca operasi tumor ya?

    BalasHapus
  9. Ampir 2 bln yg lalu ak oprasi penyubatan asi..kata dokter masih bisa kasih asi lagi paska oprasi.setelah 1 bln sy coba ksih asi lg tapi knpa yaa asi nya bercampur darah dan ank sy pun menolak dan langsung gumoh sy jadi takut kesih asi lg yg kanan..skrang dah mau jln 2 bulan setelah oprasi suka nyeri2 sakit gito dan kl ak pencet puting susu nya msih keluar asi campur darah..sy jadi kepikiran terus takut ad ap2

    BalasHapus
  10. Bunda"... Ak juga baru semingguan ini operasi pengangkatan tumor mamae di diagnosa.a begitu.. benjolan di payudara kiri,, tp hasilnya belum keluar.. mudah"an ga membahayakan ya minta doanya makasih..
    Jd gini,, ak kan baru dibuka perban dan kata dokter bedahnya udh boleh kena air dan jangan disusui dulu yg kiri.. pas ak sampe rumah kok ya bekas jaitannya ad benjolan lg ya... Itu kelenjar asi atau apa ya kira"...? Bunda" disini setelah dibuka jaitannya itu ada yg kaya saya ga ya? Ada benjol lagi disekitaran bekas jahitan?

    BalasHapus
  11. Mbak. Saya juga baru operasi mamae mastitis.. Bisa ga ya saya menyambung asi bayi saya lg.. Krn msh dua bulan umurnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mom. Asal luka sudah tertutup,asinya udah ga bercampur nanah/darah. Sy juga abis oprasi abses mamae tgl 4juni kemarin. Mbak kapan oo nya?

      Hapus
    2. Mba kan pernah operasi abses mame gitu setelah operasi masih ada benjolan yang keras ngga...

      Hapus
    3. sama mbk saya juga ibu menyusi baby 4bln hbs oprasi mamae isinya dara sama nana, tp sekarng udah hampir 2mhg setelah oprasi ,jaitanya keluar air su2 trs gmn ya caranya biar gk keluar asi trs jaitannya sekarang gk kering2..pengalaman bunda gmn setelah oprasi

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Mohon infonya Kapan jahitan setelah operasi absess mamae di Lepas???
    & berapa lama luka bekas operasi kering dan sembuh. Saya sedang menyusui. Tks

    BalasHapus
  14. Itu pulang dari RS langsung bisa menyusui bun ??
    Soalnya saya jg ada bnjolan di pyudra kanan..dan baby ku ngga mau sufor 😭

    BalasHapus
  15. Itu pulang dari RS langsung bisa menyusui bun ??
    Soalnya saya jg ada bnjolan di pyudra kanan..dan baby ku ngga mau sufor 😭

    BalasHapus
  16. Sy jg bru selesai op.mamae sdh 1 bulan tp asix masih rembes dr jahitan...
    Ad solusi gak soalx dr dokter bedah suruh ngeringin ASI ..
    Apa ad bunda2 yg pengalaman kyk sy mohon pencerahan bund

    BalasHapus
  17. Saya juga habis operasi mamae terus keluar asi sudah 2 minggu ini pasca operasi. Waktu setelah operasi langsung bisa disusui dan di pompa. 1 minggu setelah operasi keluar rembesan asi dari jahitan. Casenya sama kemudian di aspirasi buat diambil dan alhamdulillah bukan nanah tp asi. Tetapi sampe skrng msh rembes.... kl mb Ken bgmn mb supaya kering gk rembes lg.mohon sharenya terima kasih

    BalasHapus
  18. Saya juga habis op mastitis yg kakan bun. Kan dikasih antibiotik , kira2 aman gak yah ngasih asi di pd yg sebelah kiri.

    BalasHapus
  19. Mba istri saya kan baru operasi tgl 26 juni 2020 skrng dua hari pasca operasi.operasinya payuadarnya yg sebelah kiri. Apakah yg kanan udh blh disusui? Operasi saya gejalanya tadinya sama benjolan kayanya penyumbatan asi terus jadi luka bernanah dan dioperasi jadi bolong gt. Mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya dulu boleh gan tapi karena asi di luka bekas operasi rembes terus jadi disuruh stop menyusui dl bahkan sy minum obat buat ngeringin asi ampe luka bener2 sembuh krn sy ga dijahit. Soalnya kata dr bedah kalo asi ngalir terus bikin proses pengeringan lukanya makin lama

      Hapus
    2. Minum obat buat ngeringin asi.trus nanti asinya bisa kluat lagi g mb.saya jg habis oprasi payudara yg kiri.

      Hapus
    3. Keluar lagi mba. Obatnya bersifat sementara aja mba. Skrg saya lanjut menyusui lagi,walau hanya dengan 1 pd . Anakku gamau di pd yg abis dioperasi

      Hapus
    4. Mba mau nanya..itu payudara bekas operasjnya kan ga disusuin, mba nya ttp pumping atau dibiarin aja? Sy abis operasi abses jg dan gede bgt..rasanya kalau di pumping pasti sakit bgt dan lukanya blm kering

      Hapus
    5. Assalamu'alaikum. Mbak, saya pasca op Pd jg. Stelah operasi saya d larang menyusui. Bahkan saya d kasih obat pengering asi. Sedih dan miris rasanya. Apakah stelah pemulihan dan lepas jahitan asi saya bisa keluar lagi?

      Hapus
  20. Aku baru 3minggu pasca operasi abses payudara alhamdulillah kata dokter ku 2minggu sdh hampir tertutup sempurna lukanya dan udh boleh menyusui dipayudara kanan yg kiri harus pompa dan buang
    Setelah 3minggu sudah bisa menyusui kiri juga dan bayiku mau dan luka pun udh tertutup sempurna karna dr kita nya juga badannya sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. bun aku mau tanya dong, blm sempet kontrol lg ke dokter.
      saya juga OP abses pydra & lukanya udh rapet, apa boleh menyusui lg ya?
      udah sebulan OPnya

      Hapus
  21. Kalo habis op mastitis asi harus tetep di keluarkan atau tidak sih kak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Baca juga...

Benda-benda Kesayanganku...

Pantai Penggajawa, Sebuah Ironi

(Pindang) Palembang, Aku Datang!

Komunitas Reptil-X: “Reptil ini Hewan Eksotis...”