Kamis, 19 April 2012

Pantai Balekambang, Surga Tersembunyi di Selatan Malang


Bicara tentang wisata di Malang, yang sering disebut adalah kawasan dataran tingginya seperti Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru atau kawasan agrowisata di Wonosari dan Batu. Tempat-tempat itu memang indah, tetapi jangan salah, Malang juga punya pantai mempesona!



Melihat foto ini kamu mungkin akan langsung teringat dengan Tanah Lot di Bali. Eh enak aja, Indonesia bukan cuma Bali! Bukan cuma Bali yang punya pasir putih dan laut biru jernih, dan pura di atas karang. Ini adalah Pantai Balekambang, sebuah surga tersembunyi di selatan Malang.
Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur, 45 km ke arah selatan Kota Malang. Perjalanan harus ditempuh selama 3 jam melewati jalanan naik turun dan berliku. Namun jangan khawatir, kondisi jalan sudah beraspal dan cukup lebar sehingga aman dilalui kendaraan pribadi maupun bus.
Pantai Balekambang tidak seperti pantai lain yang bisa terlihat dari jauh ditandai dari banyaknya nyiur melambai-lambai. Letak pantai ini agak tersembunyi. Gerbang masuknya pun ditutupi oleh pepohonan tinggi yang hampir rapat. Kita baru bisa melihat pantai setelah berbelok di parkiran.
Perjalanan yang jauh dan melelahkan akan terbayar lunas begitu kita mendengar deburan ombak Laut Selatan yang bergulung-gulung. Ya, pantai yang memiliki garis pantai sepanjang hampir 2 km ini ombaknya memang terkenal ganas. Jangan berpikir untuk surfing, karena sangat berbahaya, nanti bisa dijemput Nyi Ratu x_X
Air lautnya jernih berwarna biru kehijauan. Pantainya berpasir putih dan cukup bersih, membuat kita pengen cepat-cepat berlari membasahi kaki dan menyusuri pantai. Ciri khas pantai ini yang membedakannya dengan beberapa pantai lain yang pernah kukunjungi, pasirnya besar-besar tapi halus. Butirannya seukuran merica, tapi kalau diinjak langsung mendlesep. Besar tapi halus, gimana yah?


Jejak di pasir

Cantik ya? *pantainya
Di sebelah barat pantai terdapat sebuah pura yang berdiri di atas batu karang besar, persis seperti yang ada di Tanah Lot, Bali. Pura di atas karang itu dihubungkan dengan jembatan sepanjang 50 meter dari pulau utama. Saat matahari terbenam, pemandangan akan menjadi sangat indah.


Pura

Gradasi
Di pantai sebelah barat inilah biasanya anak-anak berenang, karena ombak sudah terpecah oleh karang, sehingga airnya tenang. Istimewanya, air yang telah melewati karang ini bukan hanya tenang, tetapi rasanya pun tidak lagi asin. Semakin dekat ke muara sungai, air ini menjadi air tawar. Tak heran banyak yang membasuh badan di sini usai berenang di air laut.
Pantai Balekambang tidak seramai pantai-pantai lain, hanya di waktu-waktu tertentu saja. Misalnya pada saat liburan atau saat ada perayaan umat Hindu. Namun fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap. Ada tempat parkir, toilet bersih, rumah makan, pusat oleh-oleh bahkan penginapan murah.
Selain Pantai Balekambang, di selatan Malang ada pula Pantai Ngliyep dan Pantai Sendangbiru. Belum lagi eksotisme Pulau Sempu, salah satu pulau terluar Indonesia yang masuk Kabupaten Malang. Pulau itu bisa diakses dari ketiga pantai ini.
Ternyata masih banyak ya, tempat-tempat indah di sekitar kita yang belum kita jelajahi. Maka tak perlu buru-buru menyiapkan budget besar untuk pelesir ke luar negeri. Karena percayalah, surga itu ada di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar