Aidan's Birth Story

Tadinya aku dan Abang merencanakan jarak yang jauh untuk adiknya Ali. Inginnya saat dia berumur 5 tahun, baru program lagi. Tapi di usia 3 tahun ini, Ali sudah mulai nyari temen. Sering bilang sedih, sepi, bosen, kangen ibu, kangen yai, kangen ayah. Trus kalau dipikir2 lagi, punya anak dengan jarak yg tidak terlalu jauh itu diharapkan mereka bisa jadi teman sepermainan dengan basic didikan dan kebiasaan yang sama. Kalau jarak terlalu jauh, biasanya anak akan punya peer group sendiri-sendiri, sehingga gak dekat antar saudara kandung.

Saat positif hamil, aku lagi senang2nya bersepeda bareng Abang dan Ali. Ke kota, taman, menyusuri anak sungai. Sampai suatu hari, perutku terasa kram dan aku merasa eneg saat bersepeda. Diajak makan pun ngga enak. Aku belum ngeh kalau telat haid. Dan rasa2nya masih menerapkan KB tendang, haha...

Beberapa hari ku merasa ga enak badan, meriang, bahkan hoek2 di pagi hari, aku pun testpack dan hasilnya positif hamil. Hitunganku, sudah usia 7 minggu. Saat kukabari abang, katanya dengan santai, "yaudalah ali udah gede ini."

Kehamilan kali ini berbeda karena aku mengalami morning sickness berkepanjangan, sampai usia kandungan 6 bulan. Aku menjalani puasa Ramadan dengan susah payah, bolong 11 hari. Aku selalu sedia minuman manis di kulkas untuk menghalau rasa pahit dan eneg di mulut. Ehhh pas USG di bulan ke-8 tiba2 dokter bilang janinku kemontokan! Hahaha... akupun diminta diet, alamak... padahal lagi enak2nya makan...

Hamil dengan "ditemenin" sama anak 3 tahun tentu lebih "berasa". Berasa capeknya, berasa engapnya, berasa nyabar2in diri. Aku sempat kontraksi palsu saat 32w setelah capek ngejar dia sepedaan. Dengan perut segede balon pun, kadang Ali si monster alkaline masih menjadikanku samsak. Puncaknya, ketika 36w, aku jatuh ditubruknya. Saat itu aku lagi mandi. Ali main sendiri sambil nonton TV. Abang belum pulang kerja. Keluar kmr mandi, aku gak ngeh bahwa Ali menebar bedak ke seluruh penjuru lantai. Baru aja ngebatin, "Ini apa sih licin banget" eh si Ali berlari dari jauh dan menubrukku sambil teriak "hiyaaaaattt ultraman serang monster mamaaaa...!!!" GUBRAK! Jatuhlah kami berdua. Aku jatuh terduduk di atas pantat, dengan Ali bergelayut di punggungku. Aku cuma bisa meringis, nangis, berjalan pelan masuk kamar lalu nelpon abang. Gak bisa tidur semalaman, paginya diurut nangis2 dan gak turun dr tempat tidur 2 hari. Sakit semua, tapi syukur tidak ada tanda2 gawat seperti keluar air/flek darah, gerakan janin pun normal. Tahan banting!

Selasa (20/11) sore aku USG. Hasil terawangan dokter, bb janinku di dalam sudah 3,5kg! "Semoga segera keluar ya pekan ini, kalo ga ntar tambah gede aja... Di rem ya bu makan yg manis2nya..." Akupun menahan ngidam es campur duren dan martabak terang bulan. Hiks.

Pekan itu terasa lamaaaa sekali. Ku rajin jalan kaki muterin blok, makin rajin pula bouncing di atas birthing ball. Tiap ketemu tetangga, pasti ditanya "Eh belom lahiran? Kirain udah. Ini udah gede banget loh. Tapi kok belom turun ya, belom masuk panggul? Makanya sering2 Ken jalan kaki, ngepel jongkok..." dan komentar2 lainnya yang bikin baper. Sebenernya biasa aja ya komentarnya, tapi karna lagi galau nunggu lahiran, khawatir bayinya gede banget, dan bener2 gak tahu kapan dia mau lahir, jadinya males aja denger pertanyaan2 seperti itu *tiap hari*.

Akhirnya, ku minta jalan2 di IKEA sama Abang. Modus. Hahaha. Jadilah Minggu pagi sampe sore kami thawaf keliling IKEA sampe kaki kebas. Eh manjur loh! Senin subuh, flek yang ditunggu2 itu pun keluar. Semakin siang semakin banyak, tapi aku belum terlalu berasa mules. Aku lega sekali ketika siang itu ibuku datang dari kampung. Wah beneran nih bayi lahirnya nunggu ibu datang dulu.

Usai magrib, barulah aku mules teratur. Awalnya berjeda 10 menit, 7 menit, sampai pukul 9 malam aku mules 5 menit sekali namun dengan durasi hanya 1 menit tiap kontraksi. Saat itu hujan rintik-rintik seharian, ibu memintaku periksa pembukaan. Aku masih mempertimbangkan untuk lahiran di puskesmas karena kalau dirujuk kan udah ada prosedurnya, administrasi mudah, otomatis nanti si bayi dapet akte, KIA, dan masuk KK tanpa perlu repot2 kita ngurus sendiri. Selain tentu saja, semua pelayanan gratis. Jadi malam itu pukul 9, kami menuju puskesmas.

Sesampainya di sana, aku langsung disambut oleh satpam dan bidan jaga. Plus, satu orang asisten laki-laki berbaju dan sepatu putih. Kayaknya dia siswa stikes gitu deh, lagi magang apa gimana di puskesmas. Masih kaku banget. Tensi gw aja sampe diulang 2 kali. Termometer tembak nanya dulu gimana pakenya. Trus ditanya dan didata lengkappp bener sampe diukur tinggi fundus dll (biasanya kan cuma tekanan darah) Alamak, kalo gak lagi mules plus emosi gini sih gapapa dek mo jadiin saya bahan belajar. Ini udah pengen nyakar orang kan jadi risih kalo masih harus njawab pertanyaan2.

Pas bidan mau periksa dalem (VT) aku minta anak itu keluar, ya malu lah gimanapun dia laki2. Padahal dia udah siap2 dengan pulpen dan notes kecilnya dong. Ternyata aku udah pembukaan 3. Kubilang, yaudah bu saya pulang dulu aja. Eh katanya jangan, karena anak kedua prosesnya lebih cepet biasanya, di sini aja. Waduh namanya puskesmas ya, ga ada ruangan berprivasi. Adanya ruang tunggu, bangsal, lobi, ruang bersalin pun hanya dibatasi tirai. Sedangkan aku melewati mules biasanya dengan mengerang, dipeluk, dan muter di atas gym ball. Masa aku melakukan itu semua di ruang tunggu atau lobi? "Kalo ga gini deh, nanti kita jam setengah 10 sebentar lagi aplusan shift malam. Biar nanti setelah aplusan, periksa lagi, bikin laporan, baru abis itu gak papa deh pulang yang penting kita udah ada catatannya." Periksa lagi? VT lagi? Sumpah aku gak peduli sama laporan, none of my business tapi yang jelas gw gak mau di VT lagi dan ditanya2 lengkap lagi hanya demi ganti shift. Dan dengan keadaan yang kurang privasi seperti itu, I definitely won't come back.

Di rumah, aku melewati mules yang semakin menjadi-jadi sambil berusaha bikin Ali ngantuk supaya dia cepet tidur jadi kami gak perlu ngajak2 dia ke bidan. Akhirnya jam 11, aku udah semakin gak keruan. Kontraksi 3 menit sekali, durasi 2 menit. Ali baru aja terlelap. Aku harus ke bidan sekarang.

Baru aja aku naik mobil, byorrr ku muntah banyak 2 kali. Udah gak keruan rasanya perut. Bidan langsung membantuku ganti baju dan membantuku berbaring di ruang bersalin. Pembukaan 6. Wow. Cepat juga ya. Aku terus diingatkan untuk atur nafas, kontraksi semakin intens, semakin sakit dari menit ke menit. Aku memvisualisasikan bunga yang sedang mekar, mungkin begitulah keadaan panggulku sekarang yang terus membuka.. Tapi bunga kayaknya cakep2 aja lagi mekar juga nggak kayak gue sekarang, hahahaa...

"Ibu udah mau ngeden? Ayok kalau mau ngeden, saya bantu keluarin juga." Kedua bidan yang mendampingiku masih muda, mungkin seumur denganku atau lebih muda lagi. Beberapa kali ngeden, berasa, pas kepalanya keluar. Saat itu, harusnya aku berhenti ngeden dulu karena bidan bilang, ada lilitan tali pusat di leher, kencang. Persis Ali dulu. Tapi kali ini bidannya agak panik. "Bu...anakmu lilitan kenceng banget ini bu. Ya Allah tolong, bu tahan bu, ya Allah... kok ada lilitan sampe kaya gini..." Saat itu juga Abang ngibrit keluar. Bidannya aja panik apalagi dia? Hahaha.

Di tengah kepanikan mbak bidan, aku jadi bingung mesti gimana. Gak ketahan karena kepala janin terasa mendesak, akupun ngeden. Padahal bidan belum selesai melepas lilitan. Walhasil, si bayi pun mencolot ke pelukan bidan! Bener2 mencolot, plop! Gitu! Allohu akbar! Semua teriak. Bayiku terlihat biru, ditepok2 punggungnya sama bidan yang panik "Ya Allah dek, ayo nangis dek, nangis dong sayang..." Aku bener2 gak bisa mencerna apa yg sedang terjadi saat itu.

Plasenta juga agak susah keluarnya, dan yang paling nyebelin dan sangat traumatik karena sakit dan lama, adalah saat bidan merogoh2 ke dalam rahimku membersihkan sisa-sisa gumpalan dan darah. Huhu kenapa sih harus diginiin? Aku nanya, "Mbak, bayiku mana? Taro sini dong Mbak..." Aku heran, kenapa bayiku tidak diletakkan di dadaku untuk IMD seperti Ali dulu? Kata Mbaknya, bayiku biru jadi diangetin dulu di bawah lampu. Yah namanya juga lagi kesakitan dirogoh2 aku ga bisa protes lebih banyak.

Aku nanya lagi, "Mbak, emang harus ya diambil sampe bersih banget? Bukannya nanti pas nyusuin juga bakal keluar ya banyak gumpalan2 gitu?" Si bidan menjawab, "Masalahnya, saya kan gak tahu ibu bakal nyusuin atau engga. Kalau menyusui emang akan terbantu kontraksi rahimnya. Tapi banyak yang ujung2nya harus dikuret lagi atau perdarahan karena gak bersih."

Ffiuhhh.

Yaudalah terima nasib. Udah itu dijahit cukup banyak, karena aku ngedennya gak terkontrol dan bayiku mencolot, robeknya kemana-mana. Gak usah dibayangin lah, ngeri.

Tak berapa lama setelah aku selesai, bel berbunyi, ada yang kontraksi lagi. Itu jam 2 malam. Alamak... belum juga para bidan mengelap keringat. Luar biasa perjuangan para bidan.

Barulah di kamar perawatan, aku melihat bayiku yang sudah melet2. Ih gantengnya anakku lanang... gendut. Hahaha. Beratnya 3,6kg. Beuh. Aku langsung menggendong dan memberikannya puting, dia langsung melahapnya dan minum sampe kedengeran cegluk.. cegluk.. subhanalloh.. udah pinter miminya. Alhamdulillah semoga Allah mudahkan.

Ku lelah sangat tapi belum bisa tidur karena jahitan masih sangat sakit, trauma banget juga rasanya karena dirogoh2 tadi. Hiks. Rasanya lebih sakit drpd lahiran Ali dulu. Kalau artis2 share foto mesra bersama bayi dan suami pasca melahirkan, momen "mesra" ku bersama pak suami adalah saat dia bantuin aku cebok di kamar mandi, hahaha, rasanya miris pedih tapi sekaligus bersyukur suamiku ada bahkan di saat2 bentukku paling gak jelas sekalipun. Hehe.

Pagi2, Ali datang masih belekan dan ileran, dia langsung peluk cium aku dan takjub banget lihat adeknya. "Mama udah gak sakit perut lagi kan?" Duh anak sholihnya Mama, baik banget perhatian banget. Dicium, dipangku, dielus2 pipi adiknya. "Ali senang..." katanya sambil nyengir. Ku tertawa haru liatnya.

Di mejaku sudah terhidang aneka makanan, tapi yang paling menarik adalah sepotong besar blackforest berlapis2 lengkap dengan cherry-nya. Yampun, ku berasa ulang tahun. Ada coklat panas, sekeranjang, literally sekeranjang roti aneka rasa. Lalu semangkuk besar sup iga, beneran ada iganya gede banget, rendang, perkedel daging. Bisa makan berdua abang.

Sorenya aku pulang, semua-muanya bayar 2,5 juta ajah. Alhamdulillah aku sangat bersyukur, prosesnya cepat, lebih mudah, karena ini anak kedua jadi aku sudah berpengalaman. Memahami jeda kontraksi, mengatur nafas, sampai teknik menyusui.

Kami memberinya nama Aidan Dirman Hafa. Aidan, dari bahasa Irish artinya api kecil, semangat. Dirman, pemberian aku yang sangat mengagumi Jenderal Sudirman. Hafa, artinya hujan rintik-rintik. Aidan memang lahir di musim hujan, dan kala itu seharian hujan gerimis romantis...

Dua jagoan meramaikan rumah kecil kami. Semoga Allah selalu memberkahi...

Komentar

  1. Mbak nulis lagi doong...enjoy bgt baca tulisannya mbakmm

    BalasHapus

Posting Komentar

Baca juga...

Menuju Kelimutu, Perjalanan Penuh Liku

Benda-benda Kesayanganku...

Gunung Kunci, Benteng Kokoh di Balik Bukit

Teknik Penulisan Berita Langsung dan Berita Khas

Jejak Pancasila di Bawah Pohon Sukun