Kamis, 12 Desember 2013

Bingkai Wajah


Eyebrow frame your face. Ungkapan itu sangat tenar di dunia kecantikan, yang menunjukkan betapa pentingnya alis bagi wajah kita. Ia mendefinisikan karakter wajah dan menegaskan sorot mata. Mata adalah jendela jiwa, dan alis adalah bingkai yang menghiasinya. Tanpa alis, manusia akan terlihat sangat tidak menarik.
Dalam dunia kecantikan, tren alis berubah sama dinamisnya dengan fashion. Ingat kan, masa di mana alis melengkung busur seperti Grace Kelly atau Audrey Hepburn yang jadi tren. Kemudian tren berubah awal 1980-an ketika muncul Brooke Shields dengan alisnya yang tebal natural. Tahun 1990-an, alis tipis segaris sangat digemari. Semua perempuan mencukur alisnya, mulai dari KD sampai Christina Aguilera.
Sekarang, alis tebal kembali disukai. Kalau dulu ada Brooke Shields, sekarang ada Clara Delevingne, Lily Collins, dan Camilla Belle yang menjadi ikon kesempurnaan alis (woelaaah...) dengan alis tebal dan tegas membingkai wajah. Tren baru ini bisa dilihat di runway, para model tampil dengan nude make up, tapi dengan defined eyebrow yang menunjukkan kecantikan alami. 
bold eyebrow on runway
Tapi sekarang para cewek jadi ikut-ikutan menggambar alis mereka dengan garis berlebihan (tebal) dan warna yang terlalu pekat sehingga berkesan tidak natural. Kadang malah terlihat aneh. Sering lihat kan yang kayak gitu?
Well if you talk about my eyebrow.. aku bersyukur dengan apa yang diberikan Tuhan. Sepasang alis mata yang tak terlalu tebal memang, tetapi sering dikomentari para perias, “Bentuk alisnya sudah bagus, tinggal dirapihin aja..” yang berarti adalah mereka gatel mengerok bulu-bulu alisku yang berada di luar garis ideal. Huh enak aja! Aku ngga akan mencabut satu helai pun! Makanya sejak dulu aku sudah belajar membentuk alisku dengan pinsil alis supaya kalo ada perias yang sotoy, aku akan bilang, “No, aku bisa bentuk alisku sendiri!”
Aku punya sedikit tips membentuk alis. Nggak perlu mencukur atau mencabut sehelai pun! Tuhan tidak pernah salah menciptakan, kamu tidak perlu mengubah apapun dari wajahmu. Kalau mau menegaskan bentuk untuk keperluan rias tentu boleh, begini caranya:
Basuh wajahmu dengan air mengalir dari arah atas (dahi). Jangan diusap, biar mengalir saja seperti saat wudhu. Kalau sudah, bercerminlah. Perhatikan garis lurus alis yang tampak tegas setelah dibasahi. Itulah garis tumbuh alismu. Untuk menegaskan bentuknya, kamu tinggal pakai pinsil alis mengikuti garis memanjang itu. Lalu isi the bald spots dengan pinsil alis sesuai arah tumbuhnya, agar alis terlihat lebih tebal dan penuh. Maka kamu akan mendapatkan alis yang rapi, defined, tanpa mengubah bentuk alaminya. 
(1) alis berantakan, (2) garis natural alis yang basah, (3) alis setelah dibentuk dengan pensil
Buatku, “bentuk ideal” itu tidak ada. Ia diciptakan oleh tren yang berubah-ubah. Mau gitu tampil cantik sesuai tren? Kayak Krisdayanti, bentuk alisnya ngikutin tren yang perubahannya bisa kita lihat dari masa ke masa. Capek atuh mun ngikutin selera pasar mah. Tuhan menciptakan setiap perempuan cantik dengan keunikannya. Tuhan tidak pernah salah, ialah sepandai-pandainya seniman yang telah mengukir setiap lekuk wajahmu dengan detail luar biasa. Bahkan sebaris rambut di atas matamu pun jadi sebegitu pentingnya. 
still, I admire Brooke's natural eyebrow

Tidak ada komentar:

Posting Komentar