INDONESIA: Places I Should See Before I Die (Part 2)

Dirgahayu Indonesiaku!

Siapapun tahu, Indonesia adalah negara yang luar biasa indah. Pesonanya tiada dua di dunia ini. Mulai dari keramahan masyarakatnya, kekayaan budayanya, dan tentu saja, eksotisme alamnya!

Sungguh, budaya dan alam Indonesia tak akan pernah habis dibahas. Banyaaaaakk sekali tempat indah di Indonesia yang pengeeeeeeennn banget saya datengin. Sampai saya bikin daftarnya di buku harian saya: INDONESIA: Places I Should See Before I Die. Banyak banget. Berikut lanjutannya.

1. Nusa Tenggara
Kepulauan yang terletak di Indonesia bagian tengah ini begitu eksotis, menyimpan kekayaan alam dan budaya yang unik, berbeda dari daerah lain. Begitu banyak tempat yang ingin saya kunjungi dari kepulauan ini. Di antaranya adalah, Danau Kelimutu,


pantai berbatu hijau-biru di Ende,


terus pengen lihat kuda-kuda Sumbawa berlarian di savana,


pengen lihat orang main Sasando,


dan tentu saja, Pulau Komodo.



2. Gunung Rinjani



Masih di Indonesia bagian tengah, aku pengeeeen sekali mendaki gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Katanya, pemandangan gunung Rinjani ini kalo diibaratkan hotel tuh, bintang lima! Alias indah banget! Ehem,, lagian ada yang udah janji mau ajak aku ke sini ^^

3. Sulawesi Utara
Banyak tempat yang pernah saya kunjungi di sini, beberapa tahun yang lalu. Di antaranya, Danau Tondano, danau cantik berbentuk gitar. Lalu Bukit Kasih, Makam Imam Bonjol, serta tentu saja Taman Laut Bunaken. Kapal saya pernah mogok di tengah laut pas lagi on the way dari Manado ke Bunaken. Lagi ketakutan di tengah laut, ehh ada segerombolan lumba-lumba yang berenang dekat kami, seolah menghibur. Pengalaman itu tak terlupakan. Jadi meskipun saya sudah pernah ke Sulawesi Utara, saya pengen bisa ke sana lagi!

4. Palangkaraya

Saya pengen ke Pulau Borneo, lalu menelusuri Sungai Kapuas yang terkenal itu. Kemudian saya juga ingiiiinnn sekali melihat orangutan, si primata terlucu sedunia itu, di habitat aslinya. Saya pengen ekoturisme di Borneo Orangutan Survivor, Palangkaraya.



Last but no least, saya pengen banget menjelajah Maluku dan Papua. Begitu banyak eksotisme alam dan budayanya yang masih tersimpan bagai misteri. Justru dua daerah inilah yang paling bikin penasaran. Banyak yang pengen dilihat di sana selain keindahan alamnya. Saya juga ingin melihat bagaimana kehidupan masyarakat di sana, apakah dengan alam yang begitu kaya mereka sudah hidup dengan sepantasnya? Atau mereka cenderung dilupakan oleh pemerintah pusat di Jawa? Ya, saya ingin melihat saudara-saudara di Indonesia Timur sana, dan memastikan bahwa mereka baik-baik saja.

Sungguh, saya terobsesi banget pengen mengelilingi negeri ini. Kalau ada tawaran, mau trip Eropa apa ke trip Nusa Tenggara? Jelas saya pilih Nusa Tenggara. Trip ke China atau ke Maluku? Jelas saya pilih Maluku. Pokoknya I love I love Indonesia...!!

Terserah mau kayak apa kelakuan para pejabatnya, Indonesia di mata saya tetaplah sebuah negara indah, yang patut saya syukuri. Indonesia bukan negara gagal, bukan bangsa yang ambrol! Tak ada alasan bagi saya untuk menghujat Indonesia, karena satu-satunya yang membuatnya terpuruk adalah masalah manajemen. Negeri nan penuh pesona ini, kerap jatuh ke tangan yang salah.

kulihat ibu pertiwi
sedang bersusah hati
air matanya berlinang
mas intan yang terkenang

hutan gunung sawah lautan
simpanan kekayaan
kini ibu sedang lara
merintih dan berdoa

oh ibu, ibu pertiwi
kami datang berbakti
lihatlah putra-putrimu
menggembirakan ibu

ibu kami tetap cinta
putramu yang setia
menjaga harta pusaka
demi nusa dan bangsa


Dirgahayu, Ibu Pertiwi-ku nan jelita. Masih banyak putra-putrimu yang cinta Bunda.

Komentar

  1. cocoknya jadi duta pariwisata lw ken :)

    BalasHapus
  2. setujuuuuu...nusa tenggara emang keren!

    BalasHapus
  3. betul, banyak tempat indah di sana. ajak2 ya klo mau ke sana :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Baca juga...

Pesona Danau Tiga Warna

Menyusui Pasca Operasi Payudara

INDONESIA: Places I Should See Before I Die (Part 1)

Tidak Jadi Apa-Apa

Big Bang was here...!