Anak 4 Tahun Minta Sunat

Ya, alhamdulillah tanggal 8 Februari lalu Ali sudah dikhitan. Lega, bangga, sebagai orangtua. Banyak yang bertanya, apakah betul itu keinginannya sendiri atau kami suruh? Atau apa karena Ali sakit? 

Khitan memang bisa menjadi solusi bagi anak lelaki yang mengalami infeksi saluran kemih berulang. Namun bagi Ali, kali ini ia benar-benar memintanya sendiri. 

Seperti banyak anak lain, Ali awalnya penasaran tentang khitan setelah nonton episode Upin-Ipin. Daebak emang yah Upin-Ipin tuh. Bisa encourage anak untuk khitan tapi tidak menjanjikan iming-iming yang berlebihan. Yang Ali tangkap, anak yang mau khitan akan digendong di pundak sama kakeknya, boleh solat di depan, dan boleh minta apa aja. Ada adegan di mana Upin-Ipin minta bikinin susu, kue coklat, panggil kak Ros bolak - balik sementara mereka berbaring di tempat tidur sambil main pesawat dan dijenguk teman! Dan kak Ros gak boleh ngomel! Hahahha...

Sejak episode itu, dia nanya mulu ke orang2. Ke aku, ke ayahnya, omnya, abah yai nya, sepupu dan teman2nya. Sunat itu sakit ga? Emang harus ya? Dan alhamdulillah dia ga dapat jawaban yang nakutin sih. Trus ketika dia minta sebuah mainan mobil remot controil, ayahnya nyeletuk, "Nanti Ayah beliin kalau udah sunat," eh dia bilang, "Yaudah nanti Ali sunat hari Sabtu, hari Minggu nya Ayah beliin mobilnya ke Kotabumi ya!" 

Dari situ dia nanyaaaa...mulu. Ayah kapan nih Ali sunat? 

Waduh, gimana nih bang? Beneran? 😅

Ada beberapa keuntungan kalau nyunat Ali skrg, di usianya yg ke 4 tahun 8 bulan. Pertama, dia belum punya bayangan menakutkan tentang sunat. Dipotong lah, digunting, disuntik. Pikirannya masih suci, ia masih dekat dengan fitrah imannya. Tapi kami juga gak mau bohong. 

Berkali-kali kami jelaskan, sunat itu dibersihkan penisnya. Saat mandi, aku menunjukkan bagian kulupnya. Nih, di sini setiap kali Ali pipis kuman dan kotoran bisa nyangkut. Kalau dibiarkan lama-lama, bisa jadi penyakit. Jadi sunat itu juga supaya Ali sehat. 

Sunat itu perintah Allah untuk semua anak laki-laki Muslim. Tanya aja ayah, om niko, semua udah disunat waktu kecil. Berpahala. Allah akan semakin sayang anak-anak yang sudah disunat. 

Nanti sebelum disunat akan disuntik sedikit rasanya kaya digigit semut. Lalu Ayah mencubit kecil penisnya. Tuh, kaya gitu. Sakit ga? "Iya sakit dikit. Tapi kata Mail kaya digigit harimau." Coba Ali tonton lagi, boong itu si Mail becanda doang dia. Kata Opah kaya digigit semut kok.

Kedua, soal reward. Semakin besar dia akan minta reward yang besar juga. Hahaha. Eh ini beneran ngaruh loh ke budget. Sekarang dia cuma minta mobil remot berapa sih paling mahal 300ribu kan. Coba nanti kelas 3 SD mintanya PS 5. Minta hape. Minta motor. Waduh. 

Ali juga gak ada tuh motivasi "sunat biar dapet duit/amplop" mana ngerti dia. Kami juga gak berharap itu sih walau mungkin memang tradisi ya, tapi gak berharap dan gak ngajarin itu ke Ali. Lebih menekankan ke reward pujian bahwa Ali berani, anak sholih disayang Allah, ya walaupun mobil remotnya tetep ditagih mulu sih.

Tibalah hari yg ditunggu-tunggu. Pukul 7 pagi, kami bersiap menuju rumah Pak Mantri. Ali emang cuma disunat di mantri dekat rumah aja, dari jaman baheula bahkan si Niko juga disunat ama beliau. Karena tetangga, udah kenal, dan beliau juga ada 24 jam jadi lebih tenang aja sih. Pengalaman, ada tetangga yg khitan di dokter, pas hari keberapa ada masalah, balik lagi ke sana, eh dokter yg menangani khitannya gak praktek. Prakteknya di hari laen. Ama dokter yang ketemu hari itu mau dijahit ulang. OMG pehliiiiisssss...

Pas mau berangkat, Ali ditanya sm ibu-ibu yang lagi bantu siapin prasmanan. "Cieeeee Aliiii mau berangkat ya? Jadi nih? Berani kann??" eh si Ali menjawab dengan gaya tengilnya: "Ah sunat khan githu doankkk," disorakin ama ibu2 yang gemes "Yeeee belum tau aja dia!"

😂😁😅😆

Bener aje, pulang2 turun dr mobil kejer sambil digendong wkwkwk...

Yah lumayan heboh lah prosesnya. Si ali tuh biasa aja, gk takut... Masih main game oddbods run sambil ngobrol sama aku yang emang sengaja mengalihkan perhatian dia. Sampai kemudian pak mantri ngajak dia baca bismillah n syahadat, dia angkat kepala n ngelongok alat-alatnya... DHUAARRR meledak dah tuh. Aku peluk dia, dia tiduran dan aku berdiri supaya dia gak lihat. Stlh baca bismillah, aku ajak ngobrol tentang permen, tentang mobil jeep, apa aja lah pokoknya. Kadang dia nyautin, kadang kalo inget jerit lagi, gitu aja terus. Tapi dia pasrah, gak nendang atau kakuin kakinya. Itu yang bikin aku terus semangatin dia, karena dia masih ada keberanian untuk lanjut. Walau ayahnya sendiri udah keluar dan Yai nya pun gak tega. Hehe.. Ku masih yakin Ali mau dibujuk dan bisa diajak bekerja sama karena dia lemesin kakinya ga nendang-nendang. 

Dia masih jerit-jerit nangis lalu kutanya, "Ali sebenernya nangis karena sakit atau takut?" / "Taaaakuuuuuutttt" / "Jadi gak sakit?" / "GAAAAAAAKKK" 😅 

Gak lama sih, tapi terasa lama banget buatku karena Ali yg nangis heboh. Metode laser kayanya, aku ga liat sama sekali, pokoknya ga pake berdarah ga pake perban, cepet banget. Ali langsung pake celana batok n disarungin, lalu digendong ke mobil. Pak mantri ga pernah mematok tarif tapi kami ngasih 600 ribu rupiah sama beliau. 

Nyampe rumah, diketawainlah sama ibu2. "Tadi katanya sunat githu doaankk" Jadi kaya digigit semut apa digigit harimau Ii? "Digigit semut tapi banyak" 😂

Udahlah dia langsung makan permen, sarapan, minum obat, main game... Tetangga berdatangan menyapa Ali dan ngasih amplop. Dia ga ngerti dan bingung "Kenapa orang2 pada ngasih Ali kertas sih?" di kolong kasur berserakan rupanya dibuang aja gitu ama dia, haha.. Aku juga ga nyangka dan ga berharap orang ngasih amplop semua sih. Alhamdulillah, bonus. Ada juga yang kasih hadiah tas, baju, donat, kue... Terima kasih semua, Allah yang akan membalas berlipat-lipat. 

Kami menjamu tamu dengan hidangan kambing aqiqahnya Aidan. Sekalian. 

Ali gak rewel, tapi dia gak mau pipis. Dr pagi gak pipis sampe dibujuk sampai nangis-nangis akhirnya dia berhasil pipis jelang isya. Terus ya, udah aja gitu keluar gak sakit ternyata. Dianya aja lebay. 

Sempat di hari ketiga luka jahitannya berdarah cukup banyak mungkin tertekan saat dia tidur. Di sprei dan selimut banyak darah. Tapi gak sakit katanya. Kata ibuku, itu gapapa. Yang penting gak sakit. Jahitannya emang ada yang lepas satu. 

Di hari keempat, aku memintanya mandi berendam air hangat. Awalnya dia juga jerit2 gamau mandi. Takut. Eh pas udah nyemplung, katanya enak. Dan ga mau udahan. Bzzzzzz. Setelah mandi, kelihatan jelas luka yang mulai mengering dan kulit baru yang mulai terbentuk. Sebelumnya kan nyaru dan ketutup betadin dan darah. Aku meneteskan VCO untuk mempercepat penyembuhan lukanya. Meskipun udah baikan, aku belum memperbolehkannya main keluar. 

Di hari kelima, dia sudah bisa pakai celana. Tapi dia sering nangis jerit-jerit, bukan karena sakit tapi karena gatal. Itu pertanda luka yang udah mau sembuh kan. Tapi dia frustasi karena gak boleh garuk. Akhirnya ku kompres pakai kain kasa yang sudah dikasih air dingin, dingin banget dr kulkas. Dan itu meredakan gatalnya sampai akhirnya dia bisa tidur.

Ada kejadian kocak. Karena memang si Ali kalau tidur malam masih ga pake celana kan, hanya pake sarung. Soalnya kalau tergesek masih rentan berdarah. Nah sekitar jam 2 malam, suamiku terbangun karena merasa mukanya kecipratan air. "Emang hujan ya dek? Bocor apa?" Gak hujan bang... "Bau! Alamak, si Ali pipis..."😂😂😂 Semenjak disunat Ali emang bangga banget katanya pipisnya bisa jauh. Nah Anda bayangkan dong itu terjadi dalam keadaan anaknya tidur telentang ga pake celana. Punya akses bebas banget tuh pipisnya moncrot kaya air mancur. Basah bukan ke bawah, tapi ke muka ayahnya. Aku ngakak ga brenti2 tengah malem.

Hari ketujuh, dia kelihatan sudah sehat betul dan lukanya pun telah kering. Kami mengajaknya ke IKEA karena emang rencananya mau pake uang amplopnya buat beli ranjang. Eh sepulang dari IKEA berdarah lagi bagian atasnya. Mgkn krn terlalu lama jalan. Kompres lagi, betadin lagi, bedrest lagi besoknya.

Sekarang udh mulai normal sih semuanya. Main seperti biasa. Pakai celana seperti biasa. Alhamdulillah... Semoga Ali jadi anak sehat, sholih, dan bertakwa...

Aku pun nanya sama suami, gimana bang, kira2 apakah Aidan nanti akan dikhitan di umur ini juga? GAK USAH LAH. Ngapa emangnya? Pertama, masih susah dibilangin. Nyuruh pipis, buka celana, bersihin luka, ngebujuknya lama. Setelah hari ketiga lukanya mulai kering, mulai pencilaan. Naik tempat tidur sambil lompat. Mulai lari. Minta main. Dst. Dia masih belum paham kan soal perawatan luka. Kalo nangis juga ngegas banget bikin tekanan pada perut bawah n lukanya. Kedua, masih ngompol. Hari kedua kan ga boleh kena air, tapi dia ngompol banyak n susah banget. Ali sih sebenernya ud jarang ngompol tapi karena selama sunat ini dia nahan pipis jdny keluar pas lagi tidur. Ketiga, ga bisa juga dibilangin "Kan kamu yang minta sunat!" karena emang sebenernya dia ga ngerti sunat itu apaan jadi belum paham konsekuensinya. 

Jadi yah utk Aidan mungkin nanti aja paling ga usia 6 tahun ke atas lah. Biar lebih mudah diajak kerjasamanya

Tapi aku selalu nanya ke Ali, Ali menyesal ga udah disunat? Gaa...katanya. Tapi gak mau lagi, udh sekali aja. 😅 Ternyata sunat ada enak ga enaknya ya li? Ga enaknya apa? Sakit... Sakit dikit sih. Tapi ada merah2nya. Trus ga bisa main, bosen. Disuruh boboan terus. Ga boleh main sepeda, ga diajak main sama temen2. Cuma pada nengokin terus keluar lagi (kayanya hal ini yang paling bikin dia kesel)😂

Terus enaknya apa? Enaknya dibeliin permen warna warni, terus boleh main game 10 kali sehari, terus ibu dateng, yai dateng, terus banyak yang kasi hadiah, terus dibeliin helm full face, banyak. 

Sekian pengalamanku nyunat anak 4 tahun, semoga bermanfaat!

Komentar

Baca juga...

Benda-benda Kesayanganku...

Menuju Kelimutu, Perjalanan Penuh Liku

Menyusui Pasca Operasi Payudara

The Lorax: Jika Pohon Terakhir Tumbang

Teknik Penulisan Berita Langsung dan Berita Khas