Cantik versi Iklan
Saat ini, teknologi informasi sudah semakin canggih dan meluas. Peranan media massa pun semakin besar dalam menyajikan informasi yang dapat mengonstruksi pemikiran khalayak dan bahkan membentuk gaya hidup tertentu. Begitu pula halnya dengan pembentukan citra wanita ideal di Indonesia. Kita dapat melihat proses hegemoni tengah berlangsung melalui iklan-iklan produk kecantikan untuk wanita seperti sampo, sabun, sampai produk pelangsing tubuh. Berikut adalah salah satu contoh iklan yang –menurut saya- bukan hanya membentuk, tetapi juga merusak citra wanita Indonesia. Sebuah iklan sabun kecantikan ternama, LUX, mempromosikan produk terbarunya “LUX Magic Spell” ungu yang meninggalkan pesan “Pancarkan Aura Sensualmu”. Dalam iklan ini diceritakan seorang gadis desa yang berpenampilan “biasa” dan tidak menarik. Ia tidak diperhatikan oleh pria karena kesederhanaannya. Setelah memakai sabun LUX ungu baru (sekali), ia pun “berubah” menjadi gadis yang –saya tidak bilang cantik- berpenampilan seksi