Jumat, 11 Agustus 2017

Mencari Skin Care yang Cocok dan... Ketemu!

Mau sedikit cerita tentang skincare nih. Kayak yang bener aja ya. Hahaha. Sebenernya kulitku ini dari dulu termasuk yang agak rewel. Stres dikit, jeriwit. Kebanyakan makan gorengan, kusam berminyak. Deket mens, jeriwit lagi. Kayak gitu dari jaman puber.

Pernah 2 kali perawatan di dokter (dokter yang berbeda). Bagus sih, tapi paling enggak sebulan sekali mesti kontrol, facial, beli krim yang abis, dll. Sekali dateng minimal 300ribu. Waduh cekak juga... Udah gitu aku sebenernya kurang sreg, karena biarpun produk racikan dokter, tapi kita sebagai konsumen nggak tau itu produk komposisinya apa aja (secara detail). Karena di kemasan krim2 itu nggak dicantumkan kan.

Terus berasa banget, kalau aku skip perawatannya kulitku langsung berubah. Bukan cuma jd kusam, tapi juga nongol jerawat, sebagiannya kering mengelupas.

Paling kalau perawatan dokter aku cuma bertahan 3-4 bulan. Abis itu, balik lagi ke perawatan seadanya, emang dasarnya aku males. Pake fc wash apa aja yang ada, bersiin muka kadang pake tisu basah doang, wkwkwk... Terus kalo lagi iseng templok2in tomat, timun, tapi ya gitu... random banget.

Setelah aku positif hamil (2014) aku stop segala jenis produk perawatan wajah, cuma pakai Wardah Lightening Facial Wash yang soap free formula. Nah, selama kehamilan ini aku mengalami banget yang namanya pregnancy glow seperti yang kuceritakan di sini. Kulitku terasa lebih halus, lebih kenyal, lebih glowing. Jerawat dkk gak pernah nongol lagi meski aku nggak pakai perawatan apapun selain fc wash.

Terus setelah anakku lahir, aku udah fokus aja sama dia. Waktuku, pikiranku, juga seluruh budgetku. Rasanya nggak ada space untuk mikirin diri sendiri. Kulitku pun rewel lagi.

Breakouts here and there. Berminyak. Komedo gerinjilan. Kusam banget dengan banyak bekas jerawat. Ohhh... Kulihat mulai ada flek hitam di daerah pipi dan sekitar mata. Waduh. Bener2 nggak pede liat muka.

Menjelang usia 2 tahun, anakku sudah mulai mandiri dan sedikit memberikan space buat aku.

Aku pun bercermin...

Hiks... aku nggak bisa nih kayak gini terus. Bercermin aja nggak pede apalagi kalau harus keluar. Aku nggak suka "menutupi" kulit dengan kosmetik. Lagipula, kalau kulit kita nggak sehat, bedak sekalipun nggak mau nempel. Blentang blentong, mudah pudar. I really hate it.

Kalau udah menyangkut percaya diri, kayaknya aku harus bertindak nih. Apalagi usiaku sudah akhir 20an, kalau nggak dirawat bisa2 penuaan dini. Akhirnya aku memutuskan, harus seriusin merawat kulit dari sekarang.

Akhirnya aku menyediakan waktu untuk riset, baca aneka review produk satu per satu. Beberapa kali trial dan error (maksudnya mencoba trial kit produk dan tambah error kulitnya 😂) akhirnya aku menemukan kombinasi yang bener-bener ngasih perubahan positif di kulitku.

Pilihanku jatuh pada Wardah White Secret Series. Tapi aku nggak langsung beli sepaket. Aku coba dulu satu per satu produknya, dan ternyata sampai sekarang cocok. Nggak ada purging, kulit mengelupas dll.

Pertana aku beli fc wash nya. Lembut, mirip2 sama lightening fc wash yang kupakai sebelumnya. Kugunakan 2 kali sehari, yaitu saat bangun pagi dan sebelum tidur. Seminggu tidak ada masalah, lalu aku beli day creamnya. Day creamnya sudah mengandung spf 30 jadi nggak pakai sunscreen lagi juga nggak papa (ya nggak sih?) Lalu aku beli exfoliating lotion yang kupakai 3 hari sekali. Mantap bener dah si exfoliating lotion ini ngangkat kotoran dan kulit mati. Keliatan coklat2 di kapas dalam sekali usapan. Kemudian aku membeli Intense Serum dan Pure Brightening Lotion sbg cleanser. Terakhir, aku lengkapi dengan night cream.

Aku memilih Wardah White Secret ini karena kurasa kulitku sudah cukup familiar dengan formula Wardah. Review2nya pun positif. Dan, harganya terjangkau.

Selain perawatan menggunakan produk tsb, aku pun rutin scrubbing menggunakan ground coffee + minyak zaitun, seminggu sekali. Bukan kopi instan ya, melainkan biji kopi giling. Suamiku kan hobi ngopi tuh, ampasnya banyak banget dibuang sayang. Jadilah kusimpan buat scrub #timantimubazir

Bukan cuma buat wajah, tapi juga buat seluruh badan. Terasa banget lho efeknya. Kulit langsung terasa halus, komedo (terutama di hidung) jauh berkurang. Dan wangiiiiii...

Ketiga, ini nih yang rada berat... karna mehong cyin! Setelah berbagai riset dan timbang-timbang yang lama, akhirnya aku memutuskan membeli SK II Facial Treatment Essence. Meski aku baru beli yang ukuran 30 ml, miris juga ya ama harganya. Tapi kata suamiku, "Sama aja kayak harga sekali dateng ke dokter." Bener jugak.

Kenapa SK II? Udah lama sih kepo ama produk yang satu ini. Pengguna setianya juga banyak, dan kelihatan wajahnya pada kinclong. Dia mah udah gak maen lagi deh upload screenshot testimoni2 BBM. Tinggal kitanya aja yang berani beli apa engga, wkwkwk. Untuk penggunaan pertama disarankan pakai FTE dulu. Tapi sebenernya aku gak niat untuk beli produk SK II yang lain sih. MAHALNYA MINTA AMPUN. Yang kubaca2 si FTE ini bisa kok dipakai bersamaan dengan produk lain. Lagian dia udah "essence" kan namanya. Pengennya sih satu produk aja cukup gitu. Aku kan orangnya males.

Tapi ternyata lumayan irit sih dia. Wong sekali pake tuh paling 2 pump cukup untuk wajah dan leher. Ditutul-tutul ke muka menggunakan lapisan kapas yang tipiiis (kalau aku, kapas biasa dibagi 3). Efek pemakaiannya langsung terasa paginya, wajah terasa lembut dan kencang. Setelah 2 minggu, suamiku komentar. "Kelihatan banget perubahannya di kulitmu dek, yang kemaren mahal itu ya? Nanti kalo abis beli lagi aja, bagus." Yeaaaaayyy senanggg...

Udah sebulan aku menggunakan SK-II FTE dan alhamdulillah cocok. Belum habis sih, but I will absolutely repurchase. Kayaknya bakal jadi holy grail aku. Sebelum memakai FTE aku menggunakan Wardah Hydrating Toner dulu.

Jadi urutan pakainya begini:
Pagi : facial wash - hydrating toner - FTE - day cream
Malam : facial wash - exfoliating lotion - hydrating toner - FTE - serum - night cream

Plus scrubbing kopi seminggu sekali.

Alhamdulillah, sudah kelihatan perubahan positif pada kulitku. Jerawat udah gak dateng lagi, bekas2 jerawat pun memudar, pori2 mengecil, kulitku terasa supple, lembab dan cerah. Bukan putih, tapi lebih ke glowy. Make up pun jadi nempel dan awet. Super love!

***

Merawat diri sendiri itu penting. Terutama wajah, bagian tubuh kita yang paling sering dilihat orang, paling sering kita rias dan pegang, juga paling terpapar sinar matahari dan polusi. Jadi, dia memang harus dirawat baik-baik.

Bukannya aku mau jadi lebih putih atau sekadar menghilangkan jerawat. Ini adalah soal percaya diri. Aku pingin bangun tidur pun wajahku sudah terlihat segar dan halus, tidak kusam berminyak, walau tanpa bedak. Aku ingin wajahku terasa ringan dan lembut, bersih. Kulit yang sehat pasti akan terlihat segar kan.

Makanya aku merasa, gak ada ruginya lah berinvestasi agak mahal untuk perawatan kulit. Supaya gak menyesal di umur 40++ nanti di mana masalah2 kulit akan datang berbondong-bondong.

Aku juga mau kasih tips nih bagi temen2 yang pengen coba beralih produk.

1. Riset dulu, baca2 reviewnya dari para beauty blogger. Jangan mudah tergiur dari testimoni screenshot BBM yang diupload seller ya, hehe.

2. Gunakan produk baru secara bertahap. Misalnya White Secret Series tadi, jangan langsung gunakan seluruh produk secara bersamaan. Kalau tiba2 kulitmu purging, nanti kamu ngga tau, produk mana penyebabnya. Beri jeda waktu minimal 1 minggu untuk melihat reaksi kulitmu.

3. Beli ukuran kecil dulu, misalnya travel size/trial kit. Supaya kalau ternyata nggak cocok dan mau kamu hentikan pemakaiannya, nggak mubazir.

4. Perhatikan urutan dan cara pemakaian yang benar. Jangan sampai udah beli mahal2 tapi karna salah urutan atau cara pakainya, produk yang kita gunakan tidak bekerja maksimal sehingga tidak menunjukkan hasil yang memuaskan.

5. Hanya gunakan produk yang sudah jelas kandungannya dan terdaftar di BPOM ya! Please jangan main coba2 sama kulit hanya karena tertarik iklan/testimoni. Kulit adalah bagian tubuh kita yang terbesar (terluas) dan apapun yang kita usapkan di atasnya akan terserap ke dalam tubuh. Jadi, cermati baik2 keamanan produk.

6. Jangan mengharapkan hasil instan. Misal baru seminggu pakai, lalu ngerasa gak cocok, lalu ganti. Kulit kita butuh waktu 28 hari untuk beregenerasi. Jadi setidaknya, tunggu sebulan pemakaian dan lihat hasilnya. Setelah itu baru kita putuskan, mau ganti produk atau lanjut.

Selain berbagai produk dan ritual skin care, asupan nutrisi dari dalam pun berpengaruh bagi kulit. Telur, makanan berminyak, kacang, pedes, seafood, dan kebanyakan makan manis seringkali bikin kulit jadi bermasalah. Jerawat, berminyak, dll. Jadi jaga juga apa yang kita makan.

Demikianlah aku sedikit sharing pengalaman mencari skin care yang cocok buat aku. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar